Cegah Diabetes Dengan Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat kini menjadi lifestyle masyarakat Indonesia, banyak orang semakin sadar pentingnya mengonsumsi buah dan sayuran untuk memenuhi asupan nutrisi sehingga menjaga kesehatan tubuh. Kesehatan merupakan hal yang paling berharga dan paling mendasar untuk dapat hidup dengan baik, begitupun menjaga asupan makanan yang kita makan agar tubuh kita tetap sehat serta terhindar dari penyakit yang bisa menjumpai kita tanpa kita sadari.

Selain asupan makanan yang sehat dan bergizi seimbang, kita harus rutin berolahraga minimal selama 30 menit dalam satu hari, pentingnya olahraga adalah untuk membakar kalori yang masuk kedalan tubuh kita selain itu dengan rutin berolahraga akan membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan aliran darah ke otak semakin lancar.

Pentingnya mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang agar tubuh kita terhindar dari penyakit yang sering terjadi pada sebagian orang baik di perkotaan maupun di pedesaan yaitu penyakit diabetes, penyakit ini dapat menyerang seseorang yang asupan makanannya tidak bergizi seimbang selain itu dapat menyerang kita jika kita tidak rutin berolahraga.

Diabetes ada beberapa jenisnya, diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Walau kedua tipe diabetes ini sama-sama punya gejala kadar gula dalam darah yang lebih tinggi dari normal, namun penyebab masing-masing kondisi ini berbeda. Meskipun ada banyak ketidakpastian yang sering dihubungkan dengan diagnosis penyakit diabetes, ada beberapa ciri umum dari masing-masing tipe diabetes yang bisa menjadi acuan kita untuk membedakan kondisi diabetes baik itu tipe 1 maupun diabetes tipe 2.

Diabetes Tipe 1

  • Sering didiagnosis pada masa kanak-kanak
  • Tidak berhubungan dengan berat badan berlebih
  • Sering berhubungan dengan tingkat keton lebih tinggi dari normal saat di diagnosis
  • Pengobatan dengan injeksi insulin atau pompa insulin
  • Tidak bisa dikendalikan tanpa insulin.

Diabetes Tipe 2

  • Biasanya didiagnosis pada usia lebih dari 30 tahun
  • Sering berhubungan denagn berat badan berlebih
  • Sering berhubungan dengan tekanan darah tinggi atau kolesterol saat diagnosis
  • Awalnya bisa diobati tanpa obat atau dengan tablet
  • Terkadang mungkin untuk diobati hanya dengan obat diabetes

Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun, yang berarti hasil dari sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang bagian tubuh. Pada kasus diabetes tipe 1, sistem kekebalan salah menargetkan produksi insulin sel beta dalam pankreas. Tidak ada orang yang tahu kenapa ini terjadi, atau bagaimana cara menghentikannya. Sistem kekebalan seseorang dengan diabetes tipe 1 berlanjut pada penyerangan sel beta hingga pankreas tidak mampu memproduksi insulin. Seseorang dengan diabetes tipe 1 butuh menginjeksi dirinya dengan insulin untuk mengimbangi matinya sel beta. Setiap orang dengan diabetes tipe 1 bergantung pada insulin.

Berbeda dengan diabetes tipe 2, sistem autoimun pada penderita diabetes tipe 2 tidak menyerang sel beta. Diabetes tipe 2 dicirikan dengan hilangnya kemampuan tubuh dalam merespon insulin. Ini dikenal sebagai resisten insulin. Tubuh mengganti ketidakefektifan insulin dengan memproduksi lebih, tetapi tidak selalu bisa memproduksi dengan cukup. Seiring waktu, ketegangan pada sel-sel beta oleh tingkat produksi insulin dapat menghancurkan mereka, mengurangi produksi insulin.

Begitu menakutkannya penyakit diabetes ini baik itu diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2, pencegahan yang dapat kita lakukan agar terhindar dari diabetes adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, mengkonsumsi bahan makanan yang bergizi seimbang dan melakukan olahraga yang teratur minimal 30 menit sehari, begitupun jika kita sudah terkena penyakit diabetes asupan makan harus benar-benar kita jaga dan tentunya melakukan aktivitas fisik maupun berolahraga dengan teratur agar kadar gula dalam darah kita tetap normal. Ayo jaga kesehatan kita dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!