Perkembangan internet yang semakin pesat membuat masyarakat digital saat ini hampir seluruhnya mempunyai akun media sosial baik itu Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya. Media sosial menjadi bagian yang tak dapat dipisahkan dalam hidup. di Indonesia sendiri ada lebih dari 150 juta orang yang menggunakan media sosial dari total 270 juta penduduk. Setidaknya mereka menghabiskan waktu minimal 3 jam setiap harinya mengakses media sosial untuk tujuan apapun.

Menurut data statistik We Are Social pengguna media sosial di dunia mencapai angka 4,22 miliar pengguna. Inilah yang menjadi salah satu alasan terbaik mengapa para pelaku usaha harus mencoba memasarkan melalui media sosial, yakni karena konsumen menghabiskan sebagian besar waktunya di media sosial.

Banyaknya aktivitas tersebut menghadirkan peluang besar untuk menjangkau konsumen dimana saja dan kapan saja.  Jika belum menggunakan media sosial, besar kemungkinan kehilangan peluang untuk terhubung dengan konsumen. Dari hasil riset We Are Social diketahui, pengguna internet di Indonesia sekitar 175,4 juta orang atau sekitar 64 persen dari keseluruhan penduduk. Artinya, 6 dari 10 orang di Indonesia telah secara aktif menggunakan internet.

Dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia, sudah jelas potensi digital marketing melalui pemanfaatan sosial media memiliki peluang lebih besar. Hal ini juga didukung dengan lama rata-rata orang di Indonesia menghabiskan waktu berselancar di dunia maya, yaitu sekitar 6 jam 43 menit setiap harinya. Bisa dikatakan, seperempat dari kehidupan masyarakat Indonesia dihabiskan untuk menggunakan internet. Terlebih di masa pandemi saat ini penggunaan media sosial menjadi semakin lama menghabiskan waktunya berselancar di media sosial.

Pengguna media sosial biasanya mengakses akun mereka untuk mencari hiburan dan informasi terbaru. Mereka merupakan pihak yang kurang reseptif jika terpapar iklan secara langsung. Namun bukan berarti tidak dapat memasarkannya kepada mereka. Media sosial justru menjadi tempat dimana konsumen lebih mudah menerima pesan produk.

Alasan mengapa konsumen lebih menerima pesan pemasaran di media sosial adalah karena media sosial memungkinkan untuk lebih banyak berinteraksi dan memasarkan merek dari sisi yang berbeda. Media sosial merupakan saluran yang menawarkan cara yang menyenangkan dan mudah untuk berinteraksi dengan para konsumen.

Di media sosial, kita dapat membuat koneksi yang sesuai dengan kepribadian mereka daripada hanya mengirimkan pesan pemasaran langsung. Bisni yang kita kembangkan dapat mendiskusikan kekhawatiran merek di Twitter, melakukan tanya jawab di Instagram Stories dan lain sebagainya.

Jika kita adalah seseorang yang memiliki brand yang sedang kita bangun, pelaku UKM dan UMKM, atau seorang pebisnis mikro maka akan sangat bermanfaat sekali promosi menggunakan media sosial apalagi di kondisi pandemi seperti sekarang ini, berikut beberapa manfaat menggunakan media sosial untuk promosi

Membangun Interaksi Dengan Pelanggan

Pengguna internet di Indonesia senang saling berinteraksi satu sama lain, terlepas apakah mereka saling mengenal atau tidak. Kesenangan inilah yang perlu kita manfaatkan. Caranya bisa dengan membuat konten yang memancing pengguna internet untuk memberikan komentar, misalnya dengan ajakan agar pengguna sosial media memberi ide terkait suatu hal yang berhubungan dengan produk, meminta saran, mengajak pengguna menceritakan pengalaman mereka setelah mencoba sendiri produk yang ditawarkan, dengan adanya interaksi ini membuat produk yang kita kembangkan akan mudah dikenal dan dapat dikembangkan lebih lanjut lagi.

Meningkatkan Brand Suatu Produk

Sosial media menawarkan banyak kesempatan bagi pemilik untuk berkreasi melalui kampanye dan promosi. Dengan menghadirkan promosi produk maupun jasa di platform media sosial, pengguna sosial media akan lebih mungkin menyadari keberadaan brand yang sedang kita kembangkan menjadi lebih dikenal.

Misalnya, konsumen baru menemukan merek yang kita kembangkan di media sosial. Mereka mungkin belum pernah mendengar sebelumnya. Akan tetapi, melalui konten yang jelas dan menarik, mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang merek dan nilai yang diberikan. Situasi yang sama ini dapat berlaku untuk konsumen yang sudah ada. Setelah melihat konten media sosial dapat meningkatkan minat untuk melakukan pembelian berulang.

Memiliki Pengaruh Yang Lebih Kuat

Semakin kuat pengaruh brand yang kita kembangkang di sosial media, akan semakin banyak pula pengguna internet yang dengan sukarela mengikuti dan menjadi follower sosial media yang kita kelola. Ini jelas akan meningkatkan kepercayaan dan otomatis bisa meningkatkan lebih banyak pelanggan yang ingin membeli produk yang kita tawarkan.

Hemat Biaya

Mendaftar dan membuat akun gratis di setiap jenis platform membuat pemasaran melalui media sosial menjadi cara terhemat yang bisa dijalankan. Pemasaran ini cenderung menuntut untuk menginvestasikan waktu dalam membuat dan menerbitkan konten serta melakukan interaksi dengan audiens dibandingkan dengan uang.

Pemasaran melalui media sosial tentu menghemat pengeluaran dan biaya iklan. Malah bisa dikatakan penerapan sosial media marketing jauh lebih murah dibandingkan jenis iklan promosi lainnya, asalkan kita mengtahui cara dan strategi yang tepat dalam memanfaatkan sosial media sebagai media promosi online

Meningkatkan Loyalitas Dan Penjualan

Aktif tidaknya sosial media yang kita kelola akan memberi pengaruh yang sangat signifikan dalam membangun loyalitas pelanggan. Jika kita membuka peluang komunikasi yang baik dengan pelanggan, bisa jadi kita akan meningkatkan hubungan yang erat dengan mereka. Sehingga loyalitas akan terbangun antara pelanggan dengan kita selaku pemilik brand, loyalitas inilah yang akan meningkatkan penjualan.