5 Tips Memilih Air Conditioner Untuk Keluarga

Saat ini pendingin udara (AC) sudah tak lagi menjadi barang mewah, dari yang berharga murah sampai berdaya watt kecil banyak beredar di pasaran, tapi seberapa perlu AC di rumah. saat udara panas di luar membuat kita semakin merasa gelisah dan gundah. Apalagi suhu yang berbeda-beda di setiap kota. Meski begitu, baik atau tidak memakai mesin pengondisi udara (air conditioner / AC) harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan air conditioner

image from https://www.lg.com/id/split-air-conditioning/lg-P10RV3

Alasan Utama 

dibagi atas empat faktor, yaitu suhu, polusi, desain ruangan, dan sirkulasi yang buruk. ketika kita membicarakan tentang suhu udara itu akan bervariasi yang bergantung pada iklim dan kelembapan udara. Kadang dingin, kadang panas. oleh karena itu, pengondisi udara lebih banyak diperlukan. Setidaknya udara panas bisa jadi dingin. Suhu ruangan juga jadi alasan yang paling sering digunakan orang saat rumahnya berada di daerah beriklim panas.

Kedua

polusi juga bisa jadi alasan yang tepat. Tak hanya polusi udara, polusi suara pun bisa diatasi dengan AC. Ruangan ber-AC yang kedap secara tidak langsung menahan suara-suara yang keluar maupun masuk ke dalam ruangan. Contohnya jika kita memiliki rumah yang berdekatan dengan pabrik, selain polusi udara, suara mesin pabrik sering kali mengganggu ketenangan. Contoh lain, jika rumah kita dekat dengan aliran sungai yang bau atau rumah di pinggir jalan raya yang bising. AC bisa menjadi solusi yang tepat untuk meredamnya.

Ketiga

desain ruangan juga bisa mengarahkan penghuni untuk memakai AC. Misalnya kita terpaksa membuat kamar yang tidak memiliki sisi bersinggungan dengan area luar, otomatis tidak memiliki akses udara segar,” ujarnya. Contoh lain, jika kita memiliki basement di rumah, mau tidak mau penciptaan udara mengandalkan AC.

Keempat

sirkulasi yang buruk. Harga tanah yang mahal di Jakarta memaksa orang menghuni area perumahan yang padat. Jarak antar-rumah sangat berdekatan. Baik itu ke samping, ke depan, maupun belakang. Parahnya lagi, terkadang sirkulasi udara hanya dari depan rumah. Karena itu perlu AC yang melancarkan sirkulasi udara.

Kelima

menentukan jenis air conditioner (AC) yang akan kita gunakan, berikut beberapa jenis air conditioner 

  •  Air Conditioner Standart

Sesuai dengan namanya, pendingin ruangan ini memiliki fitur standart, paada umumnya AC jenis ini lebih banyak membutuhkan tenaga listrik dan lebih boros dalam pemakaian listrik, walaupun memiliki harga beli yang relatif murah karena hanya memiliki fitur standart.

  • Air Conditioner Low Watt
AC Low Watt memiliki cara kerja yang sama dengan AC Standardt. Perbedaannya terletak pada kompressornya yang menggunakan daya listrik yang lebih kecil. pada AC jenis ini akan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendinginkan ruangan.
  • Air Conditioner Inverter
Teknologi pada AC inverter membuat kompresor pada AC inverter dapat bekerja menyesuaikan pada kebutuhan untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan. AC inverter menggunakan tarikan listrik awal yang paling besar untuk membuat ruangan dingin secepatnya. Namun penggunaan listrik AC Inverter ini akan menurun drastis pada saat ruangan sudah dingin. ini akan sangat menghemat pengguanaan daya listrik
setelah beberap tips di atas dan beberapa jenis air conditioner (AC) yang beredar di pasaran, pastinya akan semakin mudah dalam memilih jenis air conditioner (AC) yang akan kita gunakan. PT LG Electronics Indonesia memperkenalkan varian AC inverter terbarunya, AC LG DUAL COOL with Watt Control dengan menggunakan tagline Hemat Berlipat, generasi terbaru penyejuk ruangan ini mampu menghemat listrik hingga 70 persen konsumsi listrik dibandingkan dengan AC non inverter.
image from https://www.lg.com/id/split-air-conditioning/lg-P10RV3
penggunaanya pun sangay mudah. berikut kita telaah lebih jauh keunggulan yang didapatkan ketika menggunakan AC LG Dualcool with Watt Control tipe T06EV4 (Eco Model) dan E06SV4 (Smart Model) dengan kapasitas 1/2 PK dengan daya listrik 495 watt. Pengaturan pada konsumsi 80% cukup dilakukan dengan sekali tekan pada tombol Watt Control pada kendali remote control, akan langsung membuat AC bekerja dengan besaran daya 419 watt dengan menghemat 76 watt, yang bisa digunakan untuk perangkat elektronik lainnya, yuk kita gunakan sama-sama AC LG Dualcool with Watt Control

7 thoughts on “5 Tips Memilih Air Conditioner Untuk Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!