Penghargaan Apresiasi Satgas Pertamina Ramadhan Idul Fitri

Kebutuhan akan bahan bakar minyak yang semakin meningkat saat terjadinya prosesi mudik menjelang Idul Fitri dengan jumlah pemudik data dari Dinas Perhubungan Bulan Juni 2019 yang menggunakan bus sebesar 4.160.622, pesawat 3.522.585, sepeda motor 1.301.1377, mobil pribadi 4.521.561, mudik gratis 511.413, kapal 5.572.472 dan kereta api 5.087.342 sehingga ketersediaan bahan bakar harus terpenuhi selama 24 jam non-stop demi kelancaran arus mudik.

PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan pasokan BBM dan LPG selama Lebaran dalam kondisi aman. Termasuk di Marketing Operation Region III, yakni wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat

Satuan Tugas (satgas) Pertamina Siaga Ramadhan Idul Fitri di lingkungan Marketing Operation Region (MOR) III telah berakhir masa tugasnya dalam memberikan pelayanan kebutuhan BBM dan LPG bagi masyarakat di bulan Ramadan dan Idul Fitri 2019.

Satgas Pertamina berlangsung dalam dua periode. Periode pertama meliputi pasokan LPG dimulai pada H-30 hingga H+15 Idul Fitri dan periode kedua meliputi pasokan BBM yang dimulai pada H-15 hingga H+15 Idul Fitri.

PT Pertamina (Persero) mengerahkan semua kemampuannya, baik dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) hingga sarana dan prasarana penunjang lainnya guna mendukung kegiatan Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2019 agar berjalan lancar dan sukses. Sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan dan merayakan Idul Fitri dengan tenang

Untuk pasokan BBM dari 9 jenis BBM yang disediakan PT Pertamina (Persero), yakni:

Premium sampai 21 hari, stoknya 1,11 juta kiloliter (kl)

Pertalite sampai 21 hari, stoknya 1,10 juta kl

Pertamax sampai 22 hari, stoknya 902,8 ribu kl

Pertamax Turbo sampai 58 hari, stoknya 34,58 ribu kl

Dexlite sampai 27 hari, stoknya 45,30 ribu kl

Pertamina Dex sampai 35 hari, stoknya 36,43 ribu kl

Avtur sampai 45 hari, stoknya 615,51 ribu kl

Adapun berdasarkan data Pertamina, saat ini jumlah SPBU di Indonesia 6.594 unit dimana sekitar 3.400 unit di Jawa-Madura, 257 unit di Pantura Arteri, dan 44 unit di jalur Tol.

Sejumlah layanan tambahan dari Pertamina berupa Kiosk Pertamax, Motoris Kemasan, Kantong BBM, Mobile Dispenser dan Serambi Pertamax. Layanan tambahan di sarana tol Jawa meliputi 26 SPBU mobile atau modular, 43 Kiosk Pertamax Kemasan, 200 motor kemasan, 115 buffer tank BBM.

Maka tak salah kiranya, Pertamina memberikan apresiasi Pertamina Siaga dalam beberapa kategori yakni :

  1. Kategori mitra Pertamina Siaga, yang turut membantu kelancaran arus mudik. Untuk Pertama kalinya Pertamina MOR III memberikan apresiasi bagi mitra bisnis, yakni dari Pertamina Retail, Patra Niaga, Jasa Marga dan Lintas Marga Sedaya.
  1. Kategori Mitra Satgas Pertamina Siaga, yang mendukung kelancaran operasional penyaluran BBM yakni Dari Kasatlantas Polres Indramayu, Polres Subang dan Polres Garut, serta Hiswana.
  1. Kategori SPBU Siaga, yakni SPBU yang memberikan dukungan maksimal kepada Pertamina selama masa satgas, yang diberikan di kepada 16 SPBU di jalur tol maupun non tol.
  1. Kategori SPBU Modular dan Kios Pertamina siaga, yang memberikan dukungan penyaluran BBM bagi pemudik di titik yang tidak ada layanan SPBU
  1. Kategori Terminal BBM dan Depot LPG, yang nonstop 24 jam memenuhi pendistribusian BBM dan LPG di tengah kemacetan dan rekayasa lalu lintas, sehingga harus melakukan strategi alur pendistribusian yang diluar alur biasanya.
  1. Kategori Satgas Pertamina Siaga, yang merupakan penghargaan bagi seluruh tim Pertamina yang menjadi satgas selama arus mudik balik, bertugas di lapangan maupun di Posko. Tanpa libur dan standby 24 jam salaam 7 hari.

Penghargaan ini sebagai ungkapan terima kasih Pertamina kepada para mitranya yang telah mendukung kelancaran arus mudik. Diamana Tugas satgas mudik tidak bisa diselesaikan sendiri, namun dengan sinergi serta koordinasi berbagai pihak, Sagas mudik berjalan lancer.

PT Pertamina (Persero) memiliki layanan Customer Care, Pertamina Call Center 135, sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen produk Pertamina, yakni BBM, LPG dan Pelumas. Pertamina Call Center 135 untuk memudahkan para konsumen untuk menghubungi Pertamina.

4 thoughts on “Penghargaan Apresiasi Satgas Pertamina Ramadhan Idul Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!