Mudik Sehat Aman Dan Selamat Sampai Tujuan

Lebaran selalu menjadi momentum untuk masyarakat Indonesia pulang ke kampung halaman atau dinamakan mudik. Tiap tahunnya ketika menjelang Lebaran, maka istilah mudik ini menjadi hal yang akan sangat sering kita dengar.

Fenomena mudik dari tahun ke tahun selalu menyisakan kegembiraan dan kepuasan, ditengah himpitan ekonomi dan politik, bahkan di tengah gempuran jumlah pemudik yang selalu meningkat, atau bayang-bayang kemacetan parah yang hampir tak pernah ditemukan solusinya hingga kini.

Mudik, selalu menjadi harapan paling baik bagi siapapun yang tinggal di Nusantara, lintas agama dan etnis, bahkan kultural, semua merayakan “ritual mudik” Hari Raya Idul Fitri yang fenomenal.

Mungkin, terasa sulit ditemukan dimanapun, ada suatu momen terbesar, tersibuk, bahkan terpadat, kecuali jelang Idul Fitri dan hanya terjadi di Indonesia.

Mudik yang sehat, aman dan selamat merupakan hal yang sangat penting karena biasanya rute yang di tempuh oleh para pemudik memiliki jarak tempuh yang sangat jauh, oleh karena itu perlu dipersiapkan segala hal yang berhubungan dengan pemudik dan kendaraan yang digunakan jika kita menggunakan kendaran pribadi untuk melakukan perjalanan mudik.

Siapkan kondisi fisik yang sehat dan prima, karena dengan kondisi fisik yang prima rute perjalanan mudik yang kita lalui akan terasa ringan, sebelum melakukan perjalanan mudik agar kondisi fisik kita tetap prima adalah dengan mempersiapkan fisik kita minimal tiga hari sebelum melakukan perjalanan jauh, kemudian ketika sudah di jalan jika badan sudah lelah segera beristirahat agar kondisi fisik kita prima kembali, jika kita menggunakan mobil pribadi setidaknya setiap minimal 2 jam sekali kita beristirahat sedangkan jika kita mengunakan sepeda motor maka disarankan agar lebih sering beristirahat agar kita tidak kehilangan fokus saat berkendara.

Memeriksa kondisi kendaraan dan kelayakan sebelum melakukan perjalanan mudik agar kita selamat sampai tujuan, jika ada komponen yang harus di ganti maka harus di ganti secepatnya agar tidak membahayakan kita dan pemudik lainnya. sebelum dan selama mengemudi tidak minum-minuman keras dan obat yang menyebabkan kantuk agar kita tetap fokus dalam mengemudikan kendaraan. istirahat ketika sudah lelah dan mengantuk agar kondisi fisik kita tetap prima, serta patuhi rambu lalu lintas demi keselamatan bersama.

Kendalikan kecepatan kendaraan terutama pada kondisi jalan rusak atau bergelombang, saat hujan dan cuaca buruk. pastikan kendaraan tidak melebihi muatan dan menyalahi peruntukannya, serta gunakan masker dan lindungi diri dari asap, debu dan polusi agar mudik sehat aman dan selamat sampai tujuan.

Jika kita membawa bekal makanan, pilih makanan yang tidak cepat basi, lihat tanggal kadaluarsa bila membeli makanan dan minuman dalam kemasan, konsumsi makanan atau minuman yang bersih dan sehat, cuci tangan mengguanakan sabun dengan air mengalir sebelum dan sesudah makan, kemudian tidak menerima makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak kita kenal, semua ini bertujuan agar mudik sehat aman dan sampai tujuan karena dengan asupan makanan yang bersih dan sehat akan membuat kondisi fisik tubuh kita tetap prima.

Selalu membuang sampah pada tempatnya agar tidak menimbulkan penyakit dan bau yang tidak sedap akibat dari sampah itu sendiri, jika kita ingin buang air kecil maupun buang air besar di usahakan di toilet yang telah tersedia baik di rest area maupun di spbu tempat mengisi bahan bakar, jangan buang air kecil maupun buang air besar di sembarang tempat karena akan memicu timbulnya penyakit

Batasi penggunaan gadget saat kita berkendara, gunakan gadget saat di rest area maupun di tempat istirahat, karena jika sedang berkendara kita menggunakan gadget akan menggangu fokus kita, dan yang terpenting adalah jika kita sakit segera manfaatkan pos kesehatan terdekat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!