Mudahnya Pengiriman Uang Tanpa Bank Dan ATM Dengan TrueMoney

Kebutuhan akan transfer uang yang mendesak memang kerap sekali terjadi, baik untuk kita maupun untuk orang yang membutuhkan dana baik dari keluarga maupun kerabat lainnya yang tempat tinggalnya jauh dari kita, seperti yang ada di pelosok daerah, apalagi jika kebutuhan dana itu sudah menjelang malam hari yang tentu saja layanan perbankan sudah tutup termasuk jika kita maupun orang yang akan kita transfer uang tidak memiliki akun di salah satu bank, terlebih jika kerabat kita maupun orang yang membutuhkan dana tersebut tinggal di daerah yang masih jarang layanan perbankan seperti mesin ATM.

Oleh karena itu dibutuhakan layanan pengiriman uang tanpa Bank dan ATM yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, karena tidak semua masyarakat memiliki akses perbankan apalagi memiliki kartu ATM yang penyebarannya belum menjangkau daerah-daerah yang jauh dari pusat kota. Berawal dari kebutuhan akan mudahnya pengiriman uang tanpa Bank dan ATM hadirlah layanan TrueMoney.

TrueMoney pengiriman uang adalah suatu layanan untuk pengiriman uang dalam negeri atau yang kita kenal dengan Domestik Transfer. Keunggulan dari TrueMoney adalah pengiriman uang tanpa bank dan tanpa menggunakan kartu atm. TrueMoney Indonesia sendiri telah mengantongi izin dua izin dari Bank Indonesia sebagai salah satu perusahaan teknologi finansial (fintech).

  • Pertama, sertifikasi E-Money Bank Indonesia nomor 16/129/DKSP.
  • Kedua, sertifikasi Remittance Bank Indonesia nomor 16/152/DKSP/58.

Melalui dua izin ini, fokus bisnis dari TrueMoney Indonesia adalah pengiriman uang dan keagenan untuk pembayaran. Oleh sebab itu, TrueMoney Indonesia juga melayani pengiriman uang antara pengguna aktif TrueMoney atau wallet to wallet. Untuk transaksi ini dikenakan biaya Rp 500.

Hingga saat ini TrueMoney Indonesia punya 16.000 agen yang memiliki toko fisik dimana 70% dari total agen merupakan toko kelontong. Juga terdapat 27.000 agen individu yang tidak memiliki tokoh fisik. Sedangkan pengguna aktif TrueMoney Indonesia ada lebih dari 500.000 orang. Selain itu TrueMoney Indonesia juga melayani transaksi kirim uang ke 6 Negara seperti Malaysia, Singapura, Nigeria, Philipina, dan Pantai Gading.

Layanan TrueMoney dapat digunakan di seluruh gerai Alfamart dan Alfamidi, jenis layanan yang dapat digunakan seperti

  • Isi Saldo TrueMoney
  • Belanja bayar menggunakan TrueMoney
  • Tarik saldo TrueMoney
  • Pengiriman Uang menggunakan TrueMoney

Melalui TrueMoney semua orang dapat mengirimkan uang tanpa harus memiliki rekening bank dan tanpa harus memiliki kartu atm, sehingga bisa menjangkau pengguna yang tidak memiliki akses perbankan. Hanya dengan Aplikasi Member TrueMoney pengguna bisa mengirimkan uang melalu gerai Alfamart dan Alfamidi. Dengan semakin mudahnya pengirman uang tanpa menggunakan bank dan atm dengan menggunakan TrueMoney maka akan semakin memudahkan jika terjadi kebutuhan mendesak untuk melakukan pengiriman uang.

Dimana penerima dapat menarik uang tersebut secara tunai di gerai Alfamart dan Alfamidi. Pengiriman yang dilakukan menjadi lebih mudah, lebih cepat dan lebih aman tentunya karena disertakan MTCN (Money Transfer Control Number) yang akan dikirimkan kepada penerima uang transfer yang kita kirimkan. Biaya pengiriman uang ditanggung oleh pengirim uang.

Transaksi ini dikenakan biaya Rp 15.000 (untuk nilai transaksi 10.000 sampai 1.000.000) dan Rp 25.000 (untuk nilai transaksi 1.000.000 sampai 5.000.00). Juga ada transfer uang dari akun TrueMoney Indonesia ke perbankan Indonesia dengan biaya Rp 8.500.

Hanya 4 tahap cara mengirim uang TrueMoney melalui Afamart dan Alfamidi

  1. Kita harus mengunjungi Alfamart dan Alfamidi terdekat, jangan sampai masuk ke tempat lainnya yaa hehe
  2. Utarakan maksud kita menggunakan TrueMoney kepada petugas Alfamart maupun Alfamidi
  3. Mengisi form isian termasuk jumlah yang akan kita transfer, dan yang terpenting membawa identitas diri kita seperti KTM, SIM maupun Passpor yang masih berlaku yaa
  4. Uang siap dikirimkan, dan penerima akan menerima MTCN (Money Transfer Control Number).

Hanya 4 tahap cara mengambil uang TrueMoney melalui Afamart dan Alfamidi

  1. Setelah mendapatkan MTCN (Money Transfer Control Number) segera bergegas mengunjungi Alfamart dan Alfamidi terdekat yaa
  2. Beritahukan maksud dan tujuan kepada petugas Alfamart dan Alfamidi bahwa kita akan mengambil uang dari TrueMoney
  3. Siapkan identitas diri kita seperti KTM, SIM maupun Passpor yang masih berlaku yaa, karena data akan diproses oleh petugas Alfamart dan Alfamidi.
  4. Kemudian berikan MTCN (Money Transfer Control Number) jika datanya sesuai maka uang pun segera kita terima yeyeye

Ini Pengalamanku Saat Menggunakan TrueMoney Di Alfamart

saat itu di sore hari yang hangat akan nuansa senja di tepi jalan yang tak terlalu ramai ada Alfamart yang terlihat sepi pula, membuat hati tergoda untuk mampir sejenak dan tentunya adalah mencoba kemudahan dari TrueMoney, dan terjadilah pecakapan yang seru antara diriku dengan mba kasir yang sedang bertugas di sore hari itu

Me : halo mba, saya mau mencairkan uang di truemoney

Mba Alfa : baik Pak, tunggu sebentar yaa (beranjak pergi mengambil tablet androidnya)

Me : oke Mbaa siap (dengan sabar menunggu)

Mba Alfa : Pak, apakah sudah pernah menggunakan TrueMoney sebelumnya ?

Me : belum mba, ini saya baru pertama kali

Mba Alfa : jika belum, saya registrasi data bapak dulu yaa, oia sekalian KTPnya yaa pak untuk saya input datanya (hanya KTP)

Me : oke tunggu sebentar mba (sambil mencari dompet yang penuh akan kartu hehe)

Mba Alfa : tunggu sebentar yaa Pak saya lengkapi datanya dulu, sambil memotret KTP di tablet androidnya untuk registrasi

Me : (menunggu sambil membalas pesan singkat whatsapp)

Mba Alfa : Pak datanya sudah selesai, untuk no handphone yang di registrasi minta tolong disebutkan

Me : oke mba ini dia 0811XX2424X

Mba Alfa : baik Pak sudah sesuai, untuk MTCN berapa yaa Pak ?

Me : ini mba no MTCN (Money Transfer Control Number) 999XX3345X

Mba Alfa : (memasukan data MTCN sambil membuka mesin kasir menyiapkan uang dan print struck) ini pak uangnya silahkan

Me : wahhh terimakasih mbaa, ternyata mudah yaa menggunakan TrueMoney

Mba Alfa : iaaa dong sambil tersemum manjahhh

kemudian Mba Alfa menuturkan bahwa di Alfamart Jl. Kali Baru Barat No. 6 Kota Bekasi setiap harinya minimal ada 5 sampai 6 orang yang melakukan transaksi menggunakan TrueMoney dan mayoritas adalah untuk mengirimkan uang kepada kerabatnya yang ada di luar daerah. Mudahnya pengiriman uang tanpa bank dan atm dengan menggunakan TrueMoney akan memudahkan penggunanya terlebih dengan jaringan Alfamart dan Alfamidi yang tersebar hingga plosok daerah bahkan ada yang buka selama 24 jam, ini tentunya akan menggunakan bagi pengguna TrueMoney Indonesia untuk bertransaksi pengiriman uang maupun transaksi lainnya. Ayo segera gunakan TrueMoney dan ikutan lombanya juga yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!