Mineski Siap Kembangkan Industri Esports Indonesia

Apa Itu Esports ???

eSport singkatan dari Electronic Sport, dan kalau dibahasakan menjadi Olahraga Elektronik. Meskipun masih terdengar canggung, namun eSport ini merupakan olahraga yang sedang naik daun, dan memiliki fanbase yang tidak kalah banyak dengan olahraga lain , semisal sepak bola.

Meskipun eSport disebut olahraga hanya karena ada kata ‘sport ‘ dalam penggunaanya, namun hingga sekarang, eSport sebagai cabang olahraga masih menjadi perdebatan diberbagai kalangan.

Hal ini berbanding terbalik dengan ekosistemnya yang sudah terbangun, dimana eSport memiliki atlet, penonton, sponsor, hingga game jenis eSPort yang banyak dilombakan.

Mineski ???

Mineski, salah satu organisasi e-sports di Asia Tenggara memperkuat posisinya di Indonesia, dengan misi membawa ekosistem e-sports Indonesia ke tahap selanjutnya, dan membuka kesempatan yang lebih luas bagi para peminat e-sports, baik melalui kompetisi, infrastruktur, serta dukungan para gamers.

capture by awalpermata, Ronald Robins President Of Mineski International

Dengan populasi game aktif lebih dari 43,7 juta gamer aktif, Indonesia adalah pasar game terbesar ke-17, meraup pemasukan lebih dari $1 miliar menurut perusahaan riset pasar, Newzoo

MET sudah berencana untuk mengadakan sejumlah turnamen esports di Indonesia seperti Garuda Garuda Cup, Indonesia Professional Gaming League dan Jakarta Masters. Jakarta Master akan menjadi program bersi Indonesia dari Masters Manila yang sebelumnya berjalan di negara asal Mineski, Filipina, pada 2019.

capture by awalpermata, Agustian Hwang Country Manager MET Indonesia

Saat ini, Mineski telah memiliki tiga cabang bisnis utama yaitu Mineski Infinity, MET, dan Mineski Professional Team. Melalui MET, Mineski sudah menyiapkan event-event besar di Indonesia, antara lain Garuda Cup, Indonesia Professional Gaming League (IPGL), dan Jakarta Masters.

Mineski telah menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan Indonesia, seperti Telkomsel, GO-Jek dan Tokopedia yang akan menjadi anugerah bagi rencana investasi berkelanjutan mereka di negara ini.

General Manager Games and Apps Telkomsel, Auliya Ilman Fadli, mengatakan, saat ini, pelanggan Telkomsel yang memberikan pendapatan tertinggi berasal dari segmen gaming yang mencapai 34% dengan lebih dari 60 juta pelanggan memainkan game di ponsel mereka setiap bulannya.

capture by awalpermata, kerjasama strategis Mineski dengan Telkomsel dan Tokopedia

“Untuk industri game, pangsa pasar Telkomsel di Indonesia mencapai lebih dari 22%. Kami sangat senang dapat menjalin kemitraan dengan Mineski yang sejalan dengan komitmen kami untuk membangun ekosistem digital lifestyle bagi masyarakat Indonesia,” ungkap Auliya Ilman Fadli.

Sementara itu, Herman Widjaja, VP of Engineering Tokopedia merasa senang bekerja sama dengan Mineski dan menyambut baik kehadirannya di Indonesia.

“Mineski membawa visi dan misi yang mendukung perkembangan potensi esports di Indonesia dan menciptakan panggung baru bagi para gamer profesional di tanah air. Tokopedia sendiri memiliki kegiatan serupa seperti turnamen ‘Tokopedia Battle of Friday’ yang sejalan dengan salah satu fokus kami untuk memajukan industri kreatif esport di Indonesia. Kami harap hadirnya Mineski bisa mendorong lebih banyak talenta terbaik negeri untuk kemudian mendunia,” ujar Herman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
X
Glad to have you at Our Website
Welcome to AwalPermata Official Website
wpChatIcon