Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat

Menjaga agar kita tetap sehat adalah hal yang sangat penting, karena kesehatan merupakan harta yang sangat berharga karena padaada dasarnya setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat, namun seiring dengan berkembangnya zaman dan kesibukan, terkadang kita mejadi lupa menjalani pola hidup sehat guna menjaga kesehatan. Hasilnya, kita menjadi terjangkit berbagai macam penyakit dan tidak jarang penyakit tersebut adalah penyakit serius dan hal terburuknya adalah mengakibatkan kematian.

Jika kita sudah terkena penyakit, maka akan ada banyak hal yang merepotkan. Kita harus mengeluarkan budget untuk pergi ke dokter dan membeli obat, aktifitas kita menjadi tertunda, dan kita akan merepotkan orang lain karena kita pasti membutuhkan bantuan sehingga mereka harus merawat kita. Ini hanya sebagian hal dari banyaknya kerepotan yang terjadi saat kita sakit. Bahkan akan banyak kesempatan bagus yang kita lewatkan karena kita sakit. Untuk menghindari hal tersebut, hal yang paling mudah kita lakukan adalah dengan menjalani pola hidup sehat.

Pola hidup sehat merupakan suatu upaya seseorang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup. Kebanyakan dari kita menganggap bahwa pola hidup sehat adalah pola hidup yang sulit untuk dijalani. Namun sebenarnya, ada banyak cara yang mudah dilakukan untuk menjaga diri kita tetap sehat.

Salah satu organ dalam tubuh kita yang memiliki peranan penting adalah Ginjal, karena organ Ginjal yang normal berfungsi mengatur kadar air dalam tubuh, menyaring racun dalam darah, melepaskan hormon yang mengatur tekanan darah, dan aktivasi vitamin D. Ginjal juga berfungsi melepas hormon yang mengatur produksi sel darah merah dan menjaga keseimbangan mineral seperti sodium, fosfor, dan potasium.

before and after liver great for health care concept image from purifiedetox

Bertepatan pada tanggal 12 Maret 2020 diperingati sebagai Hari Ginjal Sedunia dengan mengusung tema Kidney Health For Everyone Everywhere : From Prevention to Detection on Equitable Access to Care hari ginjal sedunia diperingati setiap tahunnya pada hari kamis minggu kedua di bulan maret yang bertempat di Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Mengingat perannya yang besar, menjaga ginjal agar tetap sehat merupakan hal yang sangat penting, untuk menjaga ginjal agar tetap sehat dan memastikan organ berfungsi normal merupakan hal yang wajib kita jaga agar terhindar dari penyakit ginjal. Penyakit ginjal bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk infeksi, penyakit autoimun, dan penyakit metabolik, seperti hipertensi, diabetes, dan kolesterol tinggi. Sebenarnya untuk mencegah penyakit ginjal diperlukan langkah sederhana yang bisa dilakukan, di antaranya

  • Minum air putih dalam jumlah yang cukup, setidaknya 8-10 gelas per hari. Kemudian sebisa mungkin batasi konsumsi alkohol dan minuman bersoda.
  • Berhenti merokok. Merokok dan terpapar asap rokok dapat merusak fungsi berbagai organ dalam tubuh, termasuk ginjal.
  • Tidur dengan cukup. Mencukupi istirahat dengan tidur 6-8 jam sehari diperlukan agar tubuh dan organ di dalamnya termasuk ginjal tetap sehat.
  • Jaga agar berat badan tetap ideal. Salah satunya dengan olahraga atau melakukan aktivitas fisik dengan rutin minimal 30 menit perhari.
  • Hindari mengonsumsi obat-obatan di luar dari anjuran dan pengawasan dokter, terlebih bila obat tersebut dikonsumsi dalam dosis besar atau dalam jangka panjang.

Ayo mulai dari sekarang cegah penyakit ginjal dengan beberapa cara sederhana dan lakukan aktivitas fisik miniimal 30 menit perhari agar kita tetap sehat dan menjaga ginjal agar tetap sehat. Jika kita yang memiliki risiko mengalami penyakit ginjal karena memiliki diabetes, tekanan darah tinggi, atau riwayat penyakit ginjal dalam keluarga, terapkanlah pola hidup sehat karena dengan pola hidup sehat akan membantu kita untuk mengurangi resiko terkena penyakit dan dengan pola hidup sehat akan membuat kita tetap sehat dalam menjalani kehidupan kita untuk masa depan yang lebih baik.

“AwalPermata Journey Hari Ginjal Sedunia #GinjalSehat 2020 Kemenkes”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!