Mengenal Lebih Dekat Tentang Sakit Pinggang

Ketika kita melakukan aktifitas yang lumayan berat terkadang kita merasakan pinggang kita menjadi sakit, dan juga ketika kita mengangkat beban ringan dalam jangka waktu yang lama pinggang kita juga sering terasa sakit, sebetulnya masih banyak hal lainnya yang bisa mengakibatkan kita merasa nyeri pada pinggang kita, pertanyaan seputra sakit pinggang sepertinya akan segera terjawab karena alhamdulillah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Blogger & Vlogger Gathering “Nyeri Tulang Belakang” dengan narasumber dr. Wismaji Sadewo, Sp.BS (K) yang bertempat di RS Premier Jatinegara.

Sakit Pinggang atau Low Back Pain (LBP) menurut dr. Wismaji Sadewo, Sp.BS (K) adalah rasa nyeri yang terjadi didaerah pinggang bagian bawah dan dapat menjalar ke kaki terutama bagian sebelah belakang dan samping luar. Keluhan nyeri tersebut dapat sedemikian hebat sehingga membuat pasien mengalami kesulitan dalam setiap pegerakan (salah tingkah). Jika berlanjut maka harus istirahat total dan menjalani perawatan di rumah sakit. Di Indonesia, pasien dengan kasus LBP cukup banyak dengan kisaran umur 30 tahunan ke atas dan menempati urutan kedua tersering setelah nyeri kepala.

Gejala Sakit Pinggang

Gejala sakit pinggang dapat berbeda-beda pada setiap penderita, tergantung pada penyebabnya. Penderita sakit pinggang dapat mengalami gejala berupa:

  • Pinggang pegal, kaku, atau seperti ditusuk.
  • Nyeri menjalar dari pinggang ke bokong sampai kaki.
  • Sulit untuk bergerak dan berdiri tegak karena nyeri di pinggang.
  • Sakit kadang memburuk di malam hari atau saat duduk terlalu lama.
  • Sakit terasa memburuk saat membungkuk, mengangkat benda berat, atau berjalan.
  • Tungkai terasa lemah atau mati rasa, tergantung pada letak saraf yang terjepit.

Sakit pinggang biasanya berlangsung beberapa hari sampai beberapa minggu, terutama bila disebabkan oleh cedera otot. Pada beberapa kasus, sakit pinggang bisa berlangsung sampai lebih dari tiga bulan.

Kapan harus ke dokter

Sakit pinggang sering kali sembuh dengan sendirinya. Waspadalah bila sakit pinggang terus berulang selama 1 bulan dan makin lama makin memburuk, meski sedang beristirahat.

Segera ke dokter bila sakit pinggang disertai beberapa gejala di bawah ini, karena bisa menjadi pertanda kondisi yang serius:

  • Demam.
  • Paha mati rasa.
  • Tungkai terasa lemah.
  • Pinggang sakit saat batuk atau buang air kecil.
  • Gangguan buang air kecil dan buang air besar.
  • Berat badan naik atau malah turun drastis.

Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter bila sakit pinggang yang Anda alami disertai dengan kondisi berikut:

  • Pernah atau sedang menderita kanker.
  • Menderita osteoporosis.
  • Pernah menggunakan NAPZA
  • Mengonsumsi obat kortikosteroid dalam jangka panjang.
  • Rasa sakit muncul setelah jatuh atau kecelakaan.

Penyebab Sakit Pinggang

Dalam banyak kasus, sakit pinggang terjadi akibat cedera pada otot pinggang. Cedera sering kali disebabkan oleh gerak pinggang yang tiba-tiba dan berulang, misalnya saat bermain golf, atau karena mengangkat benda yang terlalu berat.

Sakit pinggang juga bisa terjadi akibat duduk terlalu lama, terutama bila salah posisi duduk dan kursi yang diduduki tidak nyaman. Pada anak-anak, sakit pinggang bisa terjadi akibat sering membawa tas punggung yang terlalu berat.

Faktor lain yang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit pinggang, terutama pada orang dewasa, di antaranya:

  • Berusia 30 tahun ke atas
  • Memiliki berat badan berlebih
  • Kurang berolahraga

RS Premier Jatinegara

RS. Premier Jatinegara dengan lokasi yang strategis dekat Terminal Bus Kampung Melayu, RS Premier Jatinegara merupakan bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care, RS Premier Jatinegara senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pelayanan disemua bidang secara berkesinambungan.

RS Premier Jatinegara adalah sebuah rumah sakit swasta yang menjadi rujukan pelayanan kesehatan bagi dokter dan masyarakat yang membutuhkan.  Beroperasi  sejak 25 Maret 1989, RS Premier Jatinegara merupakan salah satu rumah sakit swasta terkemuka di Jakarta Timur yang memiliki keunggulan termasuk didalamnya komitmen terhadap mutu, kemudahan akses, kualitas pelayanan,  kelengkapan spesialistik dan alat penunjang medis.

Provision dari mutu layanan kesehatan yang dijalankan oleh RS Premier Jatinegara tidak terbatas pada tenaga medis tetapi pada seluruh lini layanan kesehatan dan pada seluruh lingkungan rumah sakit.

Komitmen terhadap peningkatan kualitas layanan ditunjukkan dengan keberhasilan RS Premier Jatinegara memperoleh berbagai sertifikasi dan penghargaan, diantaranya Akreditasi Internasional dari JCI (Joint Commision International), akreditasi Paripurna dari KARS, Sertifikasi HICMR dan Halal MUI.

RS Premier Jatinegara memiliki layanan unggulan Neuro and Neuro Surgery, Cardiac and Cardiac Surgery, Digestive and Gastroenterology dan Urology. RS Premier Jatinegara juga menerima pendaftaran pasien melalui Whatsapp melalui nomer 62 8111 637 666 agar lebih mudah dan praktis berobat atau memeriksakan kesesehatan.

Informasi selengkapnya bisa langsung ke https://www.ramsaysimedarby.co.id/rs-premier-jatinegara/profile-rs-jatinegara/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!