Mengenal Jenis Jenis Asuransi

Secara sederhana asuransi dapat didefinisikan sebagai kesepakatan antara dua pihak di mana satu pihak berkewajiban membayar premi, sementara pihak lain mesti menanggung akibat dari suatu hal yang mempengaruhi pihak pembayar premi sesuai dengan perjanjian. Premi adalah sejumlah dana yang dibayarkan dalam periode tertentu kepada pihak asuransi. Secara umum, makin besar premi, makin luas perlindungan atau pertanggungan yang diberikan oleh asuransi.

Melihat definisi tersebut, jenis asuransi yang patut dibeli mesti disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap individu. Bila seseorang tidak merasa rentan menderita kerugian atas suatu hal, tak perlu beli asuransi yang memberikan perlindungan atas risiko hal tersebut.

Ketika pemegang polis atau peserta asuransi atau tertanggung mengalami musibah dan mendapat kerugian atau pun kerusakan yang tercantum dalam kontrak, tertanggung berhak mengajukan klaim asuransi. Penerima asuransi ini tidak hanya tertanggung yang namanya tercantum sebagai pemegang polis dari perusahaan asuransi tetapi juga bisa orang lain yang ditunjuk langsung oleh tertanggung.

Asuransi sendiri dikenal dalam berbagai jenis atau macam dan dikelompokkan sesuai dengan fokus dan resiko. Fokus dan resiko inilah yang menentukan ukuran keseragaman dalam resiko yang ditanggung sesuai jenis kebijakan. Hal ini akan digunakan perusahaan asuransi untuk mengantisipasi potensi kerugian serta menetapkan tingkat premi yang ditawarkan sesuai dengan jenis asuransi masing-masing. Berikut jenis- jenis asuransi yang ada di Indonesia :

Asuransi Jiwa

Jenis asuransi satu ini dikenal memberikan keuntungan finansial pada tertanggung atas kematiannya. Sistem pembayaran untuk jenis asuransi jiwa pun bermacam-macam. Ada perusahaan asuransi yang menyediakan pembayaran setelah kematian dan yang lainnya bisa memungkinkan tertanggung untuk mengklaim dana sebelum kematiannya.

Asuransi jiwa dapat dibeli untuk kepentingan diri sendiri dan atas nama tertanggung saja atau dibeli untuk kepentingan orang ketiga. Bahkan asuransi jiwa juga dikenal bisa dibeli pada kehidupan orang lain. Sebagai ilustrasinya, misalkan seorang suami bisa membeli asuransi jiwa yang akan memberikan manfaat kepadanya setelah kematian sang istri. Orang tua juga dapat mengasuransikan diri terhadap kematian sang anak.

Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi satu ini juga cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang menangani masalah kesehatan tertanggung karena suatu penyakit serta menanggung biaya proses perawatan. Umumnya, penyebab sakit tertanggung yang biayanya dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah cedera, cacat, sakit, hingga kematian karena kecelakaan.

Asuransi Kendaraan

Mereka yang tak memiliki kendaraan tak perlu membeli jenis asuransi ini. Kendaraan di sini khususnya mobil. Asuransi kendaraan berfungsi melindungi risiko atas kejadian yang menimpa diri atau kendaraan yang diasuransikan.

Asuransi kendaraan mobil terdiri atas dua jenis, yaitu asuransi total loss only dan all risk. Perlindungan jenis asuransi kendaraan yang pertama hanya mencakup risiko kehilangan atau kerusakan total kendaraan tersebut. Sedangkan proteksi all risk juga termasuk baret atau lecet pada mobil.

Umumnya jenis asuransi TLO lebih banyak dibeli untuk kendaraan produksi lama. Kendaraan baru, terutama yang dibeli secara kredit, biasanya dilindungi dengan jenis asuransi all risk. Asuransi ini juga bisa memberikan ganti rugi kepada pihak lain yang dirugikan oleh pemilik polis.

Asuransi Properti

 

Sebagai aset yang dinilai cukup berharga, biasanya para pemilik rumah akan melindungi diri dan aset miliknya yang bisa berupa rumah atau properti pribadi dengan asuransi kepemilikan rumah dan properti. Asuransi ini memberikan proteksi terhadap kehilangan atau kerusakan yang mungkin terjadi pada barang-barang tertentu milik pribadi tertanggung. Asuransi ini juga melindungi dan memberikan keringanan bilamana rumah atau properti tertanggung lainnya mengalami musibah seperti kebakaran.

Asuransi Pendidikan

Inilah asuransi yang paling populer dan menjadi favorit para pemegang polis. Asuransi pendidikan merupakan alternatif terbaik dan solusi menjamin kehidupan yang lebih baik terutama pada aset pendidikan anak. Biaya premi yang harus dibayarkan tertanggung kepada perusahaan asuransi berbeda-beda sesuai dengan tingkatan pendidikan yang ingin didapatkan nantinya.

Asuransi Bisnis

Asuransi ini merupakan layanan proteksi terhadap kerusakan, kehilangan, maupun kerugian dalam jumlah besar yang mungkin terjadi pada bisnis seseorang. Asuransi ini memberikan penggantian dari kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran, ledakan, gempa bumi, petir, banjir, angin ribut, hujan, tabrakan, hingga kerusuhan.

Asuransi Umum

Asuransi umum atau general insurance merupakan proteksi terhadap resiko atas kerugian maupun kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Jaminan asuransi umum ini sifatnya jangka pendek (biasanya sekitar satu tahun). Asuransi umum dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, diantaranya:

  • Social Insurance (Jaminan Sosial). Jenis asuransi ini merupakan asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap orang atau penduduk dengan tujuan setiap orang memiliki jaminan hari tua. Pembayaran premi dilakukan dengan paksa, salah satu contohnya dengan memotong gaji seseorang setiap bulan.
  • Voluntary Insurance (Asuransi Sukarela) Asuransi ini dijalankan dengan sukarela. Jenis asuransi sukarela masih bisa dibagi lagi ke dalam 2 klasifikasi yaituGovernment Insurance dan Commercial Insurance. Government insurance merupakan asuransi yang dijalankan oleh pemerintah, sementara commercial insurance merupakan asuransi yang ditujukan untuk memberikan proteksi kepada seseorang atau keluarga serta perusahaan dari resiko yang mungkin muncul akibat unexpected events.

Asuransi Kredit

Asuransi kredit merupakan proteksi atas resiko kegagalan debitur untuk melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai seperti modal kerja, kredit perdagangan, dan lain-lain. Kaitannya erat dengan jasa perbankan terutama di bidang perkreditan. Kredit merupakan pinjaman dalam bentuk uang yang diberikan bank maupun Lembaga Keuangan selaku pemberi kredit kepada nasabahnya.

Asuransi Perjalanan

Buat yang punya hobi traveling, pasti sudah familier dengan jenis asuransi ini. Asuransi perjalanan adalah layanan proteksi terhadap risiko yang mungkin terjadi saat seseorang dalam perjalanan.

Misalnya koper hilang saat berada di bandara untuk terbang ke luar negeri. Musibah yang lebih serius, seperti jatuh sakit saat tengah berlibur, juga masuk perlindungan. Begitu juga kecelakaan.

Sejumlah negara, terutama Eropa, mewajibkan adanya asuransi perjalanan jika seseorang hendak menuju negara tersebut. Tanpa jenis asuransi ini, visa untuk terbang tak akan terbit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!