Manfaat Memiliki Asuransi Untuk Proteksi Diri

Kita tidak pernah mengetahui kemungkinan kejadian yang akan dialami esok hari. Setiap hari kita lewati dengan kemungkinan kejadian yang bisa saja menuntut pengeluaran tak terduga. Bila kita termasuk orang yang sangat  siap terhadap sesuatu, risiko kerugian yang diakibatkan oleh kejadian tak terduga tersebut bisa diminimalisir dengan mudah.

Tetapi bagaimana dengan kita yang menyadari bahwa kita bukan termasuk tipe orang seperti itu? Kehadiran penyedia layanan jasa asuransi ini bisa memberikan jawaban dan meringankan beban ketika kejadian tak terduga itu datang. Asuransi memiliki manfaat untuk memberikan proteksi dari risiko ketidakpastian dan dipercaya lebih mampu meningkatkan rasa percaya diri bagi individu pemegangnya.

Penggantian yang akan diberikan dari pihak penyedia layanan jasa asuransi ini setidaknya akan meng-cover sebagian hingga seluruh kewajiban pembayaran  atas suatu kejadian. Asuransi juga dikenal sebagai alternatif pengendalian kerugian atau loss control dengan melakukan survei lapangan serta memberikan rekomendasi kepada pemegang polis untuk melakukan tindakan preventif dan penanggulangan kerugian.

Sebagai Investasi dan Tabungan

Dengan mendaftarkan diri sebagai nasabah pemegang polis di suatu penyedia layanan jasa asuransi, kita akan mendapatkan jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak. Asuransi yang diperuntukkan investasi juga memberikan kelonggaran dan fleksibilitas dalam memilih masa pertanggungan. Biasanya akan ada tiga pilihan waktu masa pertanggungan nasabah pemegang polis, yakni 5, 7, dan 10 tahun. Selain itu, besarnya premi adalah premi tunggal yang relatif terjangkau dan bisa dibebaskan dari biaya administrasi.

 

Membantu Meminimalkan Kerugian

Sesuai dengan jenisnya masing-masing, fungsi dari kepemilikan asuransi secara umum adalah membantu para pemegang polis untuk meminimalkan kerugian dari kejadian tak terduga yang mungkin terjadi seperti biaya kerugian bencana kebakaran, kecelakaan, dan biaya rumah sakit.

Membantu Mengatur Keuangan

Kewajiban kita untuk membayar premi secara rutin sebenarnya secara tidak langsung memaksa kita untuk menyediakan dana cadangan yang digunakan ketika terjadi kejadian tak terduga. Meski begitu, ketika kejadian tak terduga itu benar-benar terjadi dan mengharuskan kita mengeluarkan kocek yang cukup banyak untuk menanggulangi hal tersebut.

Adanya asuransi akan membantu kita untuk mengurangi pengeluaran tak terduga yang biasanya jauh lebih tinggi dari pengeluaran rutin harian atau bahkan bulanan. Dengan memiliki asuransi, kita tidak perlu membayarkan biaya penuh atas kerugian yang dialami karena pihak penyedia layanan jasa asuransi ini akan menyediakan ganti rugi.

Bisa Dijadikan Sebagai Dana Darurat

Adanya asuransi menjadikan alokasi dana darurat bertambah dua kali lipat. Sebab, asuransi sendiri dapat digunakan untuk membayar pengeluaran yang sifatnya tidak terduga, seperti kecelakaan, sakit, dan kerusakan pada aset yang diasuransikan.

Hanya saja, penggunaan asuransi tidak sepraktis dana darurat karena kita tetap harus mengajukan klaim terlebih dahulu agar uang di dalamnya dapat dicairkan. Proses klaim ini sendiri membutuhkan waktu berhari-hari. Penting bagi kita untuk melengkapi syarat-syarat yang dibutuhkan guna mempercepat proses klaim.

Memudahkan Pencairan Pinjaman dari Bank

Mendapatkan pinjaman dari bank bukanlah hal yang mudah. Selain menyiapkan dokumen, kita juga perlu memastikan kalau riwayat kredit lancar. Apabila riwayat kredit bermasalah, maka pengajuan pinjaman akan otomatis ditolak.

Tapi dengan kepemilikan asuransi, proses pencairan pinjaman akan semakin mudah. Asuransi bisa dijadikan sebagai jaminan atas pinjaman. Jika kita tidak mampu melunasi pinjaman, maka bank berhak mengambil alih uang yang ada pada asuransi.

Sebagai Jaminan di Hari Tua

Sekitar 90% karyawan di Indonesia belum siap untuk menghadapi masa pensiun. Hal ini disebabkan karena tingkat kepedulian terhadap hari tua masih sangat minim, sehingga keinginan untuk menabung di hari tua sering tertunda.

Untungnya sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk untuk menjamin masa tua dengan biaya premi yang sangat beragam. Asuransi ini dapat dicairkan saat masa pensiun guna membiayai kebutuhan pokok dan pengobatan di hari tua.

Alat Untuk Membayar Utang

Utang mulai menumpuk karena tidak dibayar-bayar? Sebaiknya ingat-ingat kapan asuransi kita akan jatuh tempo. Sebab, sisa dari premi asuransi akan dikembalikan oleh perusahaan asuransi saat asuransi sudah jatuh tempo. Uangnya bisa kita gunakan untuk membayar sebagian atau seluruh utang jika jumlahnya mencukupi.

Meski demikian, jangan terlalu bergantung pada asuransi. Bayarlah cicilan secara teratur, sehingga uang dari pengembalian premi bisa digunakan untuk keperluan lain, bukan hanya untuk melunasi utang-utang saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!