Makan Siang Plus Jalan-Jalan Ke Semarang Bareng #ScaniaTransJawa

Pagi hari yang cerah ane beserta pasangan tercintah langsung bergegas menuju Terminal Pulogebang Jakarta Timur, yang jaraknya cukup dekat dari rumah kami hanya berkisar 10 menit saja, dan ini merupakan pengalam pertama menuju terminal bus Pulo Gebang.

Alhamdulillah kami berdua mendapatkan undangan special untuk launching  Bus Trans Jawa yang akan memulai perjalanan perdana rute Jakarta-Semarang-Solo. Yaps sudah terbanyang keseruan yang akan terjadi selama perjalanan menuju Semarang, rute yang dituju adalah Jakarta-Semarang-Jakarta

Oia sedikit informasi buat yang baru pertama kali ke terminal Pulo Gebang kaya ane ini haha, ada biaya retribusi sebesar Rp. 500 yaps jadi dipersiapkan terlebih dahulu uang nya ya agar tidak repot kembalian. Semoga dengan adanya biaya retribusi ini akan banyak peningkatan layanan dan kebersihan tentunya agar para pengguan bisa nyaman, dan hindari calo yang ada jadi langsung saja ke agen penjual tiket agar biaya yang dikeluarkan sesuai dengan tarif tiket bus yang berlaku. Penunjuk arah di terminal Polo Gebang pun sudah cukup lengkap dan fasiltas pendukungnya pun bisa dikatakan lengkap jadi engga akan nyasar buat mencari lokasi agen penjual tiketnya.

Bus Trans Jawa yang meluncur perdana pagi ini dioperasikan oleh PO Putera Mulya Sejahtera, bekerja sama dengan United Tractors dan redBus (sebagai media penjual ticket bus online). Dengan kata lain, bus ini bukan pemegang tunggal izin bus yang beroperasi di sepanjang Tol Trans Jawa. Bukan tidak mungkin, kelak langkah ini bakal diikuti oleh PO lainnya.

Bus  Trans Jawa yang di operasikan oleh PO. Putera Mulya ini keseluruhan rutenya menggunakan jalan Tol, yaps sesuai dengan brandnya “Bus Trans Jawa” jadi tidak keluar masuk tol untuk mengambil penumpang, hanya pada agen yang di telah di tentukan.

Sebelumnya melangkah lebih jau apa itu tol trans jawa ??? dan apa keuntungan untuk masyarakat yang ada di pulau jawa ini hehe ???

Jalan Tol Trans Jawa merupakan jaringan jalan tol yang menghubungkan kota-kota di pulau Jawa. Jalan tol ini menghubungkan dua kota terbesar di Indonesia, Jakarta dan Surabaya melalui jalan tol. Tol trans Jawa sepanjang -/+ 1.000 kilometer tersebut melanjutkan jalan-jalan tol yang sekarang sudah ada. Jalan Tol Trans Jawa ini termasuk dalam Asian Highway 2 (AH2) atau Jaringan Jalan Asia yang menghubungkan Asia dari Denpasar, Bali, Indonesia hingga Khosravi di Iran. Pada tanggal 20 Desember 2018, Jakarta dan Surabaya resmi tersambung dengan jalan tol ini.

peta rute tol trans jawa source from bpjt.pu.go.id

Dengan adanya tol trans jawa waktu tempuh menjadi semakin singkat, dan semakin banyak pilihan transportasi yang bisa kita gunakan untuk berpergian menuju daerah-daerah yang di lalui oleh tol trans jawa, begitu pun dengan Bus Trans Jawa yang dioperasikan oleh PO. Putera Mulya, akan menjadi alternative moda transportasi lainnya

Bus Double Decker Putera Mulya Sejahtera adalah bus tingkat pertama yang melayani rute jarak jauh di Pulau Jawa, bus tingkat ini melayani dua kelas yakni First Executive Class dan Elegant Class.

Elegant Class, yang berada di dek bawah dengan tarif Rp 325 ribu, punya konfigurasi enam kursi, yang dilengkapi dengan soliter LCD passenger on seat, electric seat adjustable, leg rest, toilet, juga coffee maker.

Sementara untuk First Executive Class yang berada di dek atas memiliki total 38 kursi. Bus tingkat PO Putera Mulya ini juga menawarkan fasilitas soliter LCD passenger on seat, reclining seat, toilet, leg rest, dan water dispenser. Sementara, di kelas ini ada ruang merokok.

Dibandingkan dengan Elegant Class, harga tiket First Executive Class lebih murah yakni dipatok Rp 195 ribu. Sementara itu, dua kelas telah dipaket dengan makan prasmanan dan snack. Jadi engga akan khawatir bakalan kelaperan di jalan hehe

Putera Mulya menggunakan bus tingkat Scania K410iB, supaya engga penasaran berikut ane tuliskan apa itu Scania K410iB (yang didapatkan dari beberapa sumber)

Scania K410iB telah menganut sejumlah fitur keselamatan yang mumpuni. Di mana, ada anti-lock braking system (ABS), electronic brake system , retarder, dan cruise control dengan opticruise transmission. Tak luput, adapula Engine Management yang merekam perjalanan dan perilaku pengemudi.

Scania K410iB mengandalkan mesin 13 liter DC13 yang sudah memenuhi standar emisi Euro 5. Mesin enam silinder segaris, 4-katup per silinder, turbo-charged, intercooled, yang didukung Scania PDE Injection (separate electromagnetically controlled unit injectors) dan air cleaner itu mampu menyemburkan tenaga 410 Tk pada 1.900 rpm dan daya puntir 2.000 Nm pada 1.000 – 1.350 rpm.

Sesampainya di Semarang, dilanjutkan makan siang bersama dan tak lupa untuk berphoto Bersama, setelah selesai dilanjutkan kembali untuk pulang menuju Jakarta. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari Jakarta-Semarang sekitar 6-7 jam begitupun waktu tempuh Semarang-Jakarta membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam, titik kemacetan pertama terlama adalah di ruas tol Jakarta-Cikampek karena sedang ada pembangunan Elevated Tol Jakarta-Cikampek, MRT dan Kereta Cepat. Jika proses pembangunan sudah selesai ini akan berdampak pada waktu tempuh yang dibutuhkan jadi lebih cepat.

Yuk kita naik bus trans jawa untuk liburan kita, karena sekarang fasilitas bus nya pun sudah nyaman, ditambah lagi sudah ada jalur tol trans jawa yang membuat waktu tempuh kita semakin cepat dan bisa menjadi alternative moda tranportasi pilihan lainnya.

 

Salam Hangat AwalPermata


Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Referensi : Mbah Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!