Cari Tahu Sebelum Memilih Asuransi Terbaik

Semua perusahaan asuransi rata-rata mengklaim dirinya yang terbaik. Sejumlah keunggulan dikemukakan perusahaan asuransi tersebut untuk menyakinkan banyak orang. Bisa saja apa yang dikemukakannya berbeda dengan pandangan setiap orang. Berikut beberapa kriteria sebagai perusahan asuransi terbaik

RBC: Seberapa Sehat Perusahaan Asuransi?

Risk Based Capital (RBC) digunakan untuk mengukur seberapa aman finansial perusahaan asuransi atau seberapa sehat perusahaan asuransi. Sehat atau sakitnya kondisi finansial perusahaan asuransi tercermin dari besar atau kecilnya rasio RBC. Perusahaan asuransi yang sehat biasanya rasio RBC-nya besar.

Bagaimana Rasio Likuiditas Perusahaan Asuransi?

Seberapa mampu perusahaan asuransi untuk mengelola keuangan dengan baik dan seberapa mampu dalam memenuhi kewajiban semisal utang tergantung dari rasio likuiditas. Tingginya rasio likuiditas menandakan kondisi keuangan berada dalam kondisi baik.

Seberapa Besar Dana Jaminan untuk Melindungi Nasabah Asuransi?

Dikutip dari OJK, Dana Jaminan merupakan aset perusahaan asuransi yang digunakan sebagai jaminan terakhir dalam rangka melindungi kepentingan para pemegang polis, tertanggung, atau peserta. Mengenai Dana Jaminan ini, sudah ada aturannya: UU No. 40 Tahun 2014 dan Peraturan OJK No. 71/POJK.05//2016 tentang Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.

Investasi/Cadangan Teknis Plus Utang Klaim

Digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam membayar kewajibannya kepada pemegang polis dalam jangka panjang. Angka 100% menjadi tolok ukur untuk mengetahui investasi/cadangan teknis plus utang klaim. Sama dengan atau lebih dari 100% sudah termasuk kategori terbaik.

Aktiva Tetap/Modal Sendiri

Sejauh mana efisiensi perusahaan asuransi bisa diketahui dari aktiva tetap perusahaan asuransi tersebut. Tidak lebih dari 25% merupakan angka terbaik untuk perusahaan asuransi berkinerja baik.

Perubahan Premi Bruto

Untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memaksimalkan premi, cari tahu bagaimana perubahan premi bruto perusahaan asuransi. Apabila perusahaan asuransi mendapat nilai 33% atau lebih, perusahaan asuransi tersebut dikategorikan sebagai perusahaan asuransi terbaik.

Pendapatan Premi Neto terhadap Modal Sendiri

Bagaimana kekuatan modal sendiri terhadap tanggungan sendiri dalam perusahaan asuransi? Kurang atau sama dengan 300% adalah standar dari perusahaan asuransi terbaik.

Pendapatan Investasi Neto terhadap Rata-Rata Investasi

Cari tahu apakah pendapatan investasi neto terhadap rata-rata investasi sama atau lebih besar dari rata-rata suku bunga investasi atau tidak. Jika sama atau lebih besar, itu artinya perusahaan asuransi tersebut merupakan salah satu perusahaan asuransi terbaik.

Rasio Beban Klaim Neto

Untuk menemukan perusahaan asuransi berkinerja baik, rasio yang satu ini harus sama dengan atau lebih kecil dari 100%.

Rasio Laba (Rugi) Sebelum Pajak terhadap Rata-Rata Modal Sendiri

Dipakai untuk mengukur kemampuan modal sendiri dalam mencetak laba, yang standar terbaiknya harus sama dengan atau lebih dari rata-rata suku bunga investasi.

 

Beberapa Hal Ini Juga Bisa Dijadikan Ukuran Kriteria Asuransi Terbaik

Kadang kala calon nasabah tidak punya waktu atau pengetahuan yang cukup untuk meneliti data sehingga cepat tergiur dengan berbagai penawaran menarik yang diberikan pihak asuransi. Untuk meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan dalam memilih perusahaan asuransi mobil. Berikut ini beberapa kriteria perusahaan asuransi terbaik.

  1. Sudah Berapa Lama Perusahaan Asuransi Berdiri?

Lamanya berdiri perusahaan asuransi bisa jadi indikator mudah untuk meneliti kinerja perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi yang baru berdiri kurang dari satu tahun atau baru satu tahun belum bisa dipastikan ke depannya nanti. Sebab bisnis asuransi adalah bisnis risiko. Jika belum berpengalaman, bisa saja perusahaan mengalami kebangkrutan.

  1. Punya Reputasi yang Baik

Reputasi tidak bisa dibangun dalam waktu singkat. Perusahaan asuransi dengan reputasi baik secara berkelanjutan perlu menjaga dan meningkatkan kinerjanya. Untuk mendapatkan perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baaik, Kita dapat mencari informasi dari berbagai sumber baik itu dari media sosial atau dari orang-orang disekitar kita.

  1. Premi Terjangkau

Program asuransi yang baik tidak harus mahal. Kinerja perusahaan asuransi yang baik bisa juga dilihat dari premi yang ditawarkan. Jika kita teliti dalam memilih, perusahaan asuransi yang baik bisa menawarkan premi yang terjangkau dan berkualitas bagus.

Setiap perusahaan menawarkan harga premi yang berbeda-beda. Sesuaikan premi yang ditawarkan dengan anggaran yang kita miliki. Perusahaan asuransi mobil yang baik tentunya akan membantu kita mendapatkan premi yang cocok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!