Belajar Mengatur Keuangan Di Usia Remaja

Mengelola keuangan agar sukses di masa muda memang wajib dilakukan dan dijalankan oleh para remaja saat ini. Melihat saat ini sudah banyak sekali remaja yang rata-rata bukan nya mengelola keuangan tetapi yang ada hanya membuang atau menghambur-hamburkan uang saja.

Tetapi dibandingkan kalian harus menghambur-hamburkan uang mengapa kalian tidak investasi di usia muda agar bisa menjadi orang sukes. Coba deh bayangkan misalnya kalian setiap hari membeli sebuah barang yang harganya ratusan hingga jutaan rupiah.

Memang kalau habis membeli sesuatu yang sudah kalian inginkan itu ya memang akan merasa senang dan bahagia, tetapi tidak ada salah nya juga kalau misalkan kalian mengelola uang untuk investasi modal usaha.

Atau kalau misalkan kalian ingin memulai usaha tetapi tidak memiliki banyak modal toh saat ini juga sudah banyak sekali usaha-usaha yang bisa dilakukan tanpa harus banyak modal . Apalagi saat ini perkembangan media sosial juga sudah semakin hebat sekali.

Nah sebenarnya apa sih fungsi dan keuntungan mengatur keuangan di masa muda? fungsi dan keuntungan nya jelas sangat banyak sekali. Dan kalian akan merasakan keuntungan nya di masa depan atau dalam jangka waktu beberapa lama. Banyak sekali hasil mengelola keuangan saat masih remaja  seperti

  • Menjadi pribadi yang mandiri
  • Bisa terbiasa dengan kehidupan yang sederhana
  • Menahan diri untuk membeli sesuatu tanpa harus merepotkan orangtua
  • Mengerti akan arti dari usaha dan kerja keras
  • Paham bagaimana cara mencari uang agar kebutuhan tercukupi.

 

Bagaimana Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros

Anggaran belanja sederhana mungkin sudah mulai harus kalian praktekan sedikit demi sedikit, mengingat kebutuhan saat ini sudah banyak yang naik harganya. Oleh karena itu kita harus bisa pintar-pintar dalam mengatur keuangan yang kita kelola sendiri.

Adapun langkah langkah mengelola keuangan remaja yang baik itu cukup banyak sekali berikut beberapa teknik mudah untuk membuat uang agar tidak banyak pengeluaran apalagi kalangan remaja memiliki banyak keinginan untuk segera dipenuhi

Selalu Manahan Diri

Tips mengatur keuangan yang pertama adalah kalian harus bisa menahan diri kalian sendiri, karena apa? kebanyakan remaja-remaja saat ini kan kalau misalkan lihat barang yang menurutnya bagus langsung saja beli tanpa memikirkan sisa uang jajan.

Sebelum memulai untuk mengelola keuangan remaja yang baik maka kalian harus bisa meniatkan diri kalian terlebih dahulu. Usahakan jangan gampang tergoda dengan trend pakaian atau yang lain nya, dan itu hanya membuat kalian boros dan keuangan kalian akan perlahan-lahan habis.

Kadang ada saja yang bertanya tentang mengapa uang saya cepat habis? padahal tanpa ia sadari mereka menghabiskan uang-uang mereka dengan cara berbelanja apapun yang mereka inginkan. Dan kenyataan nya keuangan kalian akan perlahan habis.

Mengurangi Pergi Ke Mall Dan Tempat Sejenisnya

Penyebab keuangan selalu berkurang juga bisa disebabkan karena kalian terlalu sering pergi ke mall bersama teman-teman kalian atau dengan pasangan kalian. Ini juga bisa menghambat kalian untuk lancar dalam mengelola keuangan.

Memang sulit dipungkiri kalau misalkan remaja-remaja jarang untuk datang ke mall, karena bisa dilihat sendiri sebagian pengunjung mall ya anak anak remaja. Walaupun tujuan nya hanya untuk nonton film bioskop terbaru tetapi tetap saja itu bisa menganggu proses penghematan pengeluaran

Optimalkan Uang Saku

 Satu hal yang cukup penting sekali dalam mengatur keuangan pada anak remaja adalah kalian jangan terlalu berharap pada uang saku dan uang jajan kalian. Kalau misalkan kalian selalu mengharapkan uang saku maka yang kalian dapat ya hanya segitu-segitu saja.

Mulai buka mata dan cari apa saja peluang bisnis untuk memulai sebuah usaha dan habis itu kalian bisa coba-coba untuk memulai penghasilan dari hal yang lain nya. Saat ini sudah zaman nya teknologi yang sangat modern sekali dan itu bisa kalian manfaatkan untuk menambah penghasilan di usia remaja.

Sesuaikan dengan bakat dan minat yang kalian miliki karena saya yakin remaja saat ini sudah banyak sekali bakat yang ada pada diri mereka tetapi tidak dikembangkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!