7 Manfaat Dan Cara Membuat Minyak Kelapa Untuk Ibu Hamil

Minyak kelapa sudah dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahkan tak hanya itu saja, minyak kelapa nyatanya juga memiliki manfaat bagi ibu yang sedang hamil. Kandungan di dalam minyak kelapa ini juga sangat banyak, seperti magnesium, kalsium, dan potassium. Lalu apa saja manfaat serta cara membuat minyak kelapa untuk ibu hamil? Berikut ini penjelasannya.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Ibu Hamil

Ada banyak manfaat yang diberikan oleh minyak kelapa, baik untuk dikonsumsi maupun digunakan oleh ibu hamil antara lain adalah:

  1. Dapat Mencegah Flu, dan Batuk

Minyak kelapa mampu mencegah ibu hamil terserang penyakit flu, batuk, maupun penyakit lainnya yang disebabkan karena infeksi bakteri atau virus. Hal ini karena minyak eklapa mengandung senyawa anti virus  dan anti jamur yang sangat efektif mencegah penyakit-penyakit tersebut. Mengingat di masa kehamilan, ibu sangat rentan terkena penyakit akibat daya tahan tubuhnya yang menurun. Dapat dikatakan jika minyak kelapa dapat menjadi pelindung tubuh yang paling efektif bagi ibu hamil. Dengan mengkonsumsi secara rutin, maka tubuh bisa terhindari dari konsumsi obat-obatan kimiawi yang dapat beresiko buruk bagi janin di dalam kandungan. Cukup konsumsi 2sdm minyak kelapa ini setiap hari dan anda bisa merasakan khasiatnya. Akan tetapi bagi anda yang memiliki gangguan pda jantung dan kolestrol, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengkonsumsi minyak kelapa.

  1. Mengatasi Stretch Mark

pada saat kehamilan, ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh ibu. Dan salah satunya yaitu munculnya stretch mark di beberapa bagian tubuh seperti paha, perut, lengan, dan lainnya. hal ini terjadi akibat peregangan pada kulit dan otot-otot yang menyebabkan munculnya stretch mark. Meskipun tidak berbahay, akan tetapi munculnya stretch mark ini pastinya akan sangat menganggu. Akan tetapi ibu tak perlu khawatir, minyak kelapa bisa membantu mencegah dan mengatasi stretch mark secara alami. Minyak kelapa melembabkan kulit serta meningkatkan elastisitasnya. Caranya juga sangat mudah, cukup oleskan minyak kelapa di bagian yang terdapat stretch mark secara rutin, setelah mandi pada pagi dan sore hari.

  1. Melembabkan Kulit Kering

Kulit yang kering menjadi salah satu permasalahan yang umum dialami oleh ibu hamil. Karena terjadi perubahan hormone selama masa kehamilan, membuat berbagai perubahan terjadi pada ibu hamil. Untuk mengatasi kondisi kulit yang kering ini, ibu bisa mencoba mengoleskan minyak kelapa di kulit secara merata dan kemudian biarkan hingga 1 malam. Keesokan paginya bilas menggunakan air hangat hingga bersih. Menggunakan minyak kelapa secara rutin ini akan membantu menjaga kelembapan kulit.

  1. Mengatasi Morning Sickness

Jika ibu mengalami morning sickness selama masa kehamilan, gunakan saja minyak kelapa ini sebagai obat alami. Kandungan di dalam minyak kelapa mempunyai sifat yang menenangkan, sehingga menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah kehamilan seperti morning sickness dan konstipasi. Minyak kelapa juga membantu mengurangi refluks asam yang bisa menyebabkan munculnya rasa terbakar di daerah dada. Karena sifatnya yang menenangkan tentunya membuat kualitas tidur ibu menjadi lebih baik. Dan ini akan sangat baik bagi janin di dalam kandungan.

  1. Membantu Produksi ASI Lebih Berkualitas

Minyak kelapa juga sangat membantu untuk memproduksi agar ASI yang dikeluarkan ibu berkualitas baik. ASI yang berkualitas dan sehat tentunya akan membuat kesehatan si kecil tetap terjaga. Kandungan asam lauran di dalamnya akan menjaga kualitas ASI, baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan maupun setelah melahirkan.

  1. Penganti Susu

Susu merupakan minuman yang cukup penting bagi ibu selama kehamilan. namun jika ibu tidak menyukai susu, maka gunakan saja minyak kelapa sebagai penggantinya.

  1. Mengatasi Iritasi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pada saat kehamilan tak jarang kulit ibu mengalami kekeringan yang menyebabkan munculnya berbagai iritasi. Biasanya ibu dapat mengalami lecet dan luka di daerah puting dan lainnya. jangan khawatir, anda bisa menggunakan minyak kelapa ini untuk mengatasi iritasi.

Cara Membuat Minyak Kelapa

Karena banyaknya manfaat yang didapatkan dari minyak kelapa, sehingga minyak kelapa direkomendasikan menjadi makanan terbaik selama masa kehamilan. akan tetapi jika ibu khawatir dengan kandungan kimia yang ada di dalam minyak kelapa yang dijual di pasaran, anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah yang terjamin tanpa mengandung senyawa-senyawa kimia. Nah pada kali ini akan dijelaskan mengenai cara membuat minyak kelaoa untuk ibu hamil yang mudah dicoba.

  • Siapkan kelapa dan cuci bersih, kemudian parut
  • Berikan air pada kelapa parut tersebut dan kemudian ambil bagian santan kentalnya
  • Masak santan kental di wajan yang bersih. Aduk-aduk terus sehingga bagian bawahnya tidak sampai gosong
  • Lama kelamaan akan muncul minyak yang ada di permukaan atasnya. Lakukan langkah ini hingga kelapa nantinya menjadi kering
  • Setelah itu anda bisa menyaring dan memasukkannya ke dalam botol yang steril

Nah itu tadi penjelasan mengenai manfaat dan cara membuat minyak kelapa untuk ibu hamil yang mudah dilakukan. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!